logo

logo

Minggu, 14 April 2013

Tugas Organisasi dan Metode


Hubungan antara Manajemen, Organisasi, dan Tata kerja

Hubungan timbal  balik antara manajemen organisasi dan tata kerja Hubungan timbale balik antara manajemen organisasi dan tatakerja. Manajemen dan tata kerja.Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber-sumberdanwaktu yang tersediadanamat di perlukandapat di manfaatkandengantepatsehingga proses kegiatan manajemendapatdilaksanakandengantepat. Pemakai antara kerja yang tepat pada pokoknya di tunjukkan untuk:
Menghindari terjadiny apemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang terjadi Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam peruses pencapaian tujuan. Menjamin adanya pembagia nkerja ,waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah:
Manajemen : menjeaskan perlunya proses kegiatandan  pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan Tata kerja: menjelaskan bagaimana proses kegiatan ini harus di laksanakan sesuai dengan sumber-sember dan waktu yang tersedia.

Organisasi :alat bagi pencapain tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama
Arti pentingnya  organisasi & Metode.
§  Pengertian organisasi
Prof Dr.Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi adalahs etiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
HubunganTimbalBalikantaraManajemen, Organisasidan Tata Kerja
§  ManajemendanOrganisasi
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapa itujuan. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus adao rganisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.

§  Manajemendan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar  sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepats ehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksan akan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a)  Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b)  Menghindari kemacetan-kemacetan dankesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c)  Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi hubungan antara manajemen dan tatakerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendaya gunaan sumber-sumbers erta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
§  Manajemen Organisasi dan Tata Kerja
Eratnya hubungan atau hubungan timbale balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.


KESIMPULAN :
Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
            Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis.Organisasi dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan. Sedangkan organisasi dalam arti dinamis,yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisai dan metode (tatakerja), yaitu :
a) Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
b) Organisasi adalah alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
c) Tata Kerja adalah pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
d) Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.


referensi :
http://littlenotesofmanda.blogspot.com/2012/11/hubungan-antara-organisasi-manajemen.html
http://dennyintimider.blogspot.com/2012/03/fungsi-organisasi-dan-metode-pada.html
http://marcelinohans.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar