Hubungan antara Manajemen,
Organisasi, dan Tata kerja
Hubungan timbal balik antara manajemen organisasi dan tata kerja
Hubungan timbale balik antara manajemen organisasi dan tatakerja. Manajemen
dan tata kerja.Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana
agar sumber-sumberdanwaktu yang tersediadanamat di perlukandapat di
manfaatkandengantepatsehingga proses kegiatan manajemendapatdilaksanakandengantepat.
Pemakai antara kerja yang tepat pada pokoknya di tunjukkan untuk:
Menghindari terjadiny apemborosan di dalam pendayagunaan
sumber-sumber dan waktu yang terjadi Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran
dalam peruses pencapaian tujuan. Menjamin adanya pembagia nkerja ,waktu dan koordinasi
yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja adalah:
Manajemen : menjeaskan perlunya proses kegiatandan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan Tata kerja: menjelaskan bagaimana proses kegiatan ini harus di laksanakan sesuai dengan sumber-sember dan waktu yang tersedia.
Organisasi :alat bagi pencapain tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama
Manajemen : menjeaskan perlunya proses kegiatandan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang di perlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan Tata kerja: menjelaskan bagaimana proses kegiatan ini harus di laksanakan sesuai dengan sumber-sember dan waktu yang tersedia.
Organisasi :alat bagi pencapain tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama
Arti pentingnya organisasi & Metode.
§ Pengertian organisasi
Prof Dr.Sondang
P. Siagian, mendefinisikan “organisasi adalahs etiap bentuk persekutuan antara dua
orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian
suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang /
beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan
bawahan.”
HubunganTimbalBalikantaraManajemen,
Organisasidan Tata Kerja
§ ManajemendanOrganisasi
Manajemen adalah
proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut
mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama
disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai
tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional
dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama
yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi
adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapa itujuan. Jadi, dalam rangka manajemen
maka harus adao rganisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan
antara manajemen dan organisasi.
§ Manajemendan Tata Kerja
Tata kerja atau metode
adalah satu cara bagaimana (how) agar
sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan
dengan tepats ehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksan akan dengan tepat
pula.
Dengan tata kerja
yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan
secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya
ditujukan untuk :
a)
Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu
yang tersedia.
b)
Menghindari kemacetan-kemacetan dankesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c)
Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tatakerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendaya gunaan sumber-sumbers erta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
§ Manajemen Organisasi dan Tata Kerja
Eratnya hubungan
atau hubungan timbale balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
Manajemen :
Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Organisasi : Alat
bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
Tata kerja : Pola
cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga
tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
KESIMPULAN :
Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis.Organisasi dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan. Sedangkan organisasi dalam arti dinamis,yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisai dan metode (tatakerja), yaitu :
a) Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
b) Organisasi adalah alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
c) Tata Kerja adalah pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
d) Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
referensi :
http://littlenotesofmanda.blogspot.com/2012/11/hubungan-antara-organisasi-manajemen.html
http://dennyintimider.blogspot.com/2012/03/fungsi-organisasi-dan-metode-pada.html
http://marcelinohans.blogspot.com/
Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
Pada dasarnya pengertian organisasi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis.Organisasi dalam arti statis, yaitu organisasi sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan. Sedangkan organisasi dalam arti dinamis,yaitu organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang bekerjasama, baik formal maupun informal.
Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisai dan metode (tatakerja), yaitu :
a) Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
b) Organisasi adalah alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
c) Tata Kerja adalah pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
d) Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
referensi :
http://littlenotesofmanda.blogspot.com/2012/11/hubungan-antara-organisasi-manajemen.html
http://dennyintimider.blogspot.com/2012/03/fungsi-organisasi-dan-metode-pada.html
http://marcelinohans.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar